Pemerintah Belum Penuhi Syarat Standar Keselamatan Pengguna Jalan Tol

BIMATANEWS.com, Jakarta - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara mengungkapkan bahwa pemba...

BIMATANEWS.com, Jakarta - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara mengungkapkan bahwa pembangunan jalan tol yang dilakukan pemerintahan saat ini masih jauh dari standar yang sudah ditetapkan. Masalah ini juga yang saat ini sedang disoroti oleh  YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia).

Suhendra menjelaskan, Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol sebenaranya sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.16/PRT/M/2014.

"Kalau saya harus jujur menyampaikan bahwa hampir semua ruas tol di Indonesia masih jauh dari pemenuhan poin persyaratan yang tertuang dalam peraturan tersebut," ujar Suhendra Ratu Prawiranegara dalam keterangan tertulisnya, 11 Februari 2019.

Salah satu standar pelayanan yang saat ini belum dipenuhi pemerintah kepada masyarakat pengguna jalan tol adalah mengenai lampu penerangan jalan (PJU) disepanjang jalan tol yang terpasang harus terpasang 100 persen.

"Begitu juga pagar pengaman (guardrail) yang juga harus terpasang 100 persen, pagar rumija, terdapat bengkel dan lain sebagainya. Semua hal tersebut harus terpenuhi SPM-nya selama jalan tol tersebut beroperasi," ungkap Suhendra.

Pernyataan Suhendra ini sekaligus membantah argumen pemerintah yang menyatakan bahwa sarana atau fasilitas tersebut akan disesuikan seiring bertambahnya volume dan arus lalu lintas pada jalan tol.

"Ini pernyataan yang keliru, tidak berdasar dan cenderung tidak memahami peraturan perundang-undangan.

Dalam SPM Jalan Tol tersebut, semua sudah diatur persyaratan-persyaratan teknis jalan tol dan persyaratan non teksnisnya," terangnya.

Sebagai contoh lanjut Suhendra, tentang kekesatan permukaan jalan tol harus memenuhi standar teknis yang disyaratkan, jalan tol tidak boleh terdapat lubang, juga tidak boleh terdapat keretakan sepanjang jalan utama dan bahu jalan. Karena hal ini semua akan berpengaruh pada keselamatan dan keamanan pengguna jalan tol.

"Jadi sederhananya, karena pengguna jalan sudah membayar tarif tol, maka hak pengguna jalan tol juga harus terpenuhi. Hak mendapatkan kelancararan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan selama menggunakan jalan tol," tandas mantan Staf Khusus Menteri PUPR tersebut.

COMMENTS

Nama

Ekbis,10,Headline,82,Hukum,14,Internasional,6,Lifestyle,3,Nasional,21,News,143,Opini,22,Pendidikan,29,Politik,203,Sport,4,
ltr
item
BIMATA NEWS: Pemerintah Belum Penuhi Syarat Standar Keselamatan Pengguna Jalan Tol
Pemerintah Belum Penuhi Syarat Standar Keselamatan Pengguna Jalan Tol
https://3.bp.blogspot.com/-X_1Ykl41i6I/XGEio0KzjrI/AAAAAAAAAbE/E628u3muiPAkczO1ESkVTADrzdFlZRa2ACLcBGAs/s640/WhatsApp%2BImage%2B2019-02-03%2Bat%2B10.10.05.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-X_1Ykl41i6I/XGEio0KzjrI/AAAAAAAAAbE/E628u3muiPAkczO1ESkVTADrzdFlZRa2ACLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-02-03%2Bat%2B10.10.05.jpeg
BIMATA NEWS
https://www.bimatanews.com/2019/02/pemerintah-belum-penuhi-syarat-standar.html
https://www.bimatanews.com/
https://www.bimatanews.com/
https://www.bimatanews.com/2019/02/pemerintah-belum-penuhi-syarat-standar.html
true
4940045787014126398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy